Kangkong : Kampung Halal Karang Jangkong, Mataram


Lingkungan Karang Jangkong merupakan salah satu dari 325 lingkungan yang ada di Kota Mataram , masuk wilayah Kelurahan Cakranegara Barat Kecamatan Cakranegara, letak persisnya di depan Mataram Mall. Nah Beberapa bulan terakhir ini lingkungan Karang Jangkong mulai berbenah di bawah tangan-tangan kreatif para anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) “Kangkong”, dengan mengelola kampung halal Karang Jangkong

Kampung halal Karang Jangkong adalah sebuah konsep destinasi wisata yang ada di pusat kota yang menyajikan konsep wisata pedesaan. Jadi wisatawan yang datang ke kampung ini akan disajikan beragam akomodasi wisata mulai dari tempat menginap sesuai syar’i yang terdiri dari satu kamar lengkap dengan peralatan salat serta penunjuk arah kiblat. Tapi yang menarik itu lokasi penginapan ini ada di rumah warga.”Jadi konsep wisata halal “Kangkong” ini adalah wisata di tengah kota rasa desa


Selama menginap di kampung ini para wisatawan disajikan berbagai kegiatan masyarakat yang masih asli seperti suasana pedesaan, dengan tinggal di rumah warga wisatawan akan mengikuti kegiatan wisata seperti membuat kopi khas Sasak dimana wisatawan bisa ikut membuat kopi Lombok secara tradisional mulai dari menggoreng, menumbuknya sampai kepada menikmati, semuanya disajikan secara tradisional dan wisatawan bisa ikut terlibat langsung.

Selain itu ada juga fasilitas wisata yang lainnya seperti program magrib mengaji, dimana untuk wisatawan yang muslim yang ingin melihat kegiatan masyarakat pada malam hari terutama jelang magrib. Pada jam ini wisatawan bisa ikut langsung pada kegiatan masyarakat lokal untuk mengaji bersama.

Nah yang paling penting dalam konsep wisata halal yaitu semua tamu yang datang ke lokasi wisata halal ini yaitu harus berpakaian sopan tidak boleh menggunakan celana pendek apalagi menggunakan pakaian yang seksi.

Pondok wisata halal, wisata religi, English Fun, Wisata Riligi, pameran UMKM dan Bale pintar sudah disediakan di kampung wisata ini. Dengan keberadaan kampung wisata halal ini diharapkan akan bisa memberikan pilihan destinasi wisata dengan konsep yang berbeda dari tempat wisata yang lainnya.

 
Pada hari Rabu, 10 Januari 2018, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meresmikan Kampung Wisata Halal Kangkong di Jalan Merpati, Karang Jangkong Cakranegara, Mataram, NTB , dalam hal ini dilakukan oleh Wakil Gubernur  NTB, Bapak Muhammad Amin.

Kampung Halal ini diharapkan menjadi pilot project dalam meningkatkan kreativitas seni budaya dan kuliner khas daerah dalam mendukung perkembangan pariwisata halal kedepannya
 
Nah monggo buat kalian yang penasaran, silakan meluncur ke Karang Jangkong, di depan Mataram Mall, Cakranegara, Mataram
 
 
 
 
 
 

Traveler Buncit

No comments:

Post a Comment

Instagram