Pesona Ronggeng Gunung 2018 di Pangandaran

 
Tahun baru sudah didepan mata, berlibur ke tempat wisata, sepertinya menjadi menu wajib untuk merayakan pergantian tahun, baik itu bersama keluarga, sahabat, teman atau pasangan masing-masing. Sudahkah teman-teman membuat rencana liburan?

Bagi yang belum memiliki rencana liburan dan bingung mau kemana dan ngapain, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, mengadakan sebuah perhelatan akbar menjelang pergantian tahun. Akan ada sebanyak 2.018 penari Ronggeng Gunung menari massal dan memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI). Sejumlah penari Ronggeng gunung sebanyak 2.018 akan memenuhi lapangan Ketapang Doyong di Pantai Timur Pangandaran.

Mengingat lokasinya mudah dijangkau dan cukup luas untuk menampung peserta. Acara tersebut mengusung tema, Gegap Gempita Penari Ronggeng, mengundang 2.018 jawara penari Ronggeng Gunung yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Nantinya akan ada 18 penari ronggeng gunung yang memandu para penari lainnya. Ronggeng Gunung merupakan kesenian khas daerah Kabupaten Pangandaran, biasanya hanya menampilkan satu lingkaran penari, namun pada saat pemecahan rekor MURI akan di buat tujuh Lapis. Dengan komposisi, 18 penari utama berada di tengah, kemudian lapis pertama 100 penari,ke dua 150 penari, ke tiga 200 penari, ke empat 250 penari, ke lima 350 penari, ke enam 450 penari dan lapis ke tujuh sebanyak 500 penari. Hingga keseluruhan berjumlah 2.018 penari.



Pemecahan rekor MURI ini melibatkan masyarakat, mengundang lintas SKPD, dengan setiap peserta mendapat kupon yang dapat ditukar dengan kaos dan door prize. Menari Ronggeng Gunung dengan peserta lebih dari 2.000 pasti sangat meriah, tentu bagi kalian yang senang dengan seni dan tradisi, tidak akan melewatkan begitu saja kesempatan langka seperti ini.

Teman-teman juga dapat mengabadikan dalam foto acara langka tersebut, karena kesenian Ronggeng Gunung sangat legendaris di Kabupaten Pangandaran. Bagi yang berminat ikut menari, dapat mengikuti gerakan penari lainnya, karena tidak ada syarat khusus untuk ikut bergabung dalam tarian massal tersebut

Selain acara menari dan pemecahan rekor MURI menari Ronggeng Gunung secara massal, di pangandaran juga akan ada beberapa rangkaian acara untuk menyambut pergantian tahun.

Pada 30 Dessmber 2017, di Lapang Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran, pada pukul 08.00-12.00 WIB senam zumba.

Pukul 13.00 -15.00 WIB pertunjukkan Kuda Lumping. Pukul 16.00-17.30 WIB pertunjukkan angklung.

Selanjutnya pada pukul 20.00-24.00 WIB pemecahan rekor ibing ronggeng gunung dengan 2018 penari dan layangan malam.

Sedangkan pada 31 Dessmber 2017, pukul 20.00-23.00 WIB pagelaran kolaborasi musik etnik, pukul 23.00-23.40 WIB pertunjukkan Bintang Tamu dari Artis Nasional, serta puncak acara pesta kembang api.

Sementara ditempat terpisah pada Sabtu malam 30 Desember 2017 ada pagelaran Wayang Ajen di Bumi Perkemahan Lokabina Pamugaran.
 
 
Sangat menarik kan teman-teman, jangan sampai ketinggalan tentunya menyaksikan dan ikut serta dalam perhelatan akbar tersebut . Selain dapat menikmati pantainya yang indah, kalian juga dapat menikmati kesenian dan budaya yang tetap lestari dan dipertahankan.

Jadi liburan tahun baru gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga cantik dan menarik loh teman-teman.

Traveler Buncit

No comments:

Post a Comment

Instagram