Pesona Wayang Ajen, Kuningan, Jawa Barat



Hai gaes, Masih ingat Wayang Ajen?  
Wayang Ajen pernah mengibarkan karya budaya Merah Putih di 49 negara lho

Sekilas mirip dg wayang golek, wayang ajen telah dikembangkan sehingga dianggap sebagai sebuah terobosan kreatif.

Buat yang Penasaran, silakan langkahkan kaki ke lapangan bola Desa Cijemit, Cinuru Kuningan, Sabtu 30 Sept 2017.  20:00-selesai. #PesonaWayangAjen 

di situ Ada pertunjukan Kolaborasi Wayang Ajen, oleh Ki Dalang Wawan Ajen. Dalam rangka hari jadi Kab. Kuningan ke-519. Yang  Dimeriahkan pula oleh pelawak Ade Batak & Jenong Sesagon, artis pop Rita Tila, musikalisasi puisi Ridwan Ch Madris. 

Pertunjukan Kolaborasi Wayang Ajen oleh Ki Dalang Wawan Ajen ini menjadi penutup rangkaian kegiatan HUT Kuningan ke 519. Sebelumnya ada acara wayang golek, Babarit, karnaval budaya, jalan santai, pacuan kuda tradisional. 

Wayang Ajen itu menjadi nomor satu di India pada 2010. Keren kan. Wayang Ajen juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Wayang ajen merupakan pengembangan wayang golek, digabungkan dengan ide kreatif. Gelaran Wayang Ajen pimpinan Ki Dalang Wawan Gunawan ini sdh keliling ke berbagai negara lho, untuk mengenalkan budaya khas Jawa Barat ke berbagai belahan dunia. 




Yang unik dari Wayang Ajen ini adalah, Ki Dalang Wawan Gunawan bisa kombinasikan dengan teknologi multimedia, Juga dengan tata cahaya, tata suara dan tata panggung yang begitu menawan. Bahasa yang digunakan bukan bahasa kaku. Terasa lebih gaul bagi anak muda. Masyarakat jadi lebih terhibur. 

Tradisi budaya yg identik dg frame ketinggalan zaman, disulap menjadi penampilan wayang yg bisa menjadi sumber inspirasi Seni bertutur lisan lewat atraksi gerak wayang kayu dipadupadankan harmonis dg beragam seni tari, tata panggung modern. 

Dan lebih serunya, menggunakan audiovisual digital layaknya sebuah konser musik yang diminati anak muda. Alur cerita dalam Wayang Ajen bukan hanya saja cerita dari Mahabarata dan Ramayana, melainkan cerita yg lebih modern. Cerita dalam Wayang Ajen menyesuaikan realitas dari segi kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. 

Mau lihat sebuah terobosan kreatif kembangkan kesenian wayang di dunia, datang aja ke desa Cijemit, Cinuru Kuningan. Catat tanggalnya. Sabtu 30 Sept 2017. Pukul 20:00 - selesai. Ayo meriahkan Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-519.

Traveler Buncit

No comments:

Post a Comment

Instagram